MEMBUAT KONSTRUKSI KUDA-KUDA KAYU

Bahan untuk kuda-kuda kayu ini harus dipilih dari kayu yang baik dan ukurannya mencukupi dengan ukuran yang dibutuhkan. Untuk kuda-kuda dengan bentang lebih dari 4 meter, pertama-tama yang harus dikerjakan adalah menyambung balok tarik dengan diperkuat dengan balok pengunci. Namun untuk kuda-kuda dengan bentang kurang dari 4 meter, maka balok tariknya tidak perlu disambung. Tetapi tetap harus memilih panjang kayu yang mencukupi. Sesudah itu, dilanjutkan dengan mengukur dimana akan ditempatkan kaki kuda-kuda dan tiang penggantungnya.

Tiang penggantung dengan balok tarik disambung terlebih dahulu dan harus dipasang benar-benar siku atau tegak lurus terhadap balok tarik. Untuk dapat menentukan siku dan tidaknya tiang penggantung dengan balok tarik, dapat menggunakan siku rangka atau dengan sistem perbandingan 3:4:5. Pekerjaan berikutnya yaitu membuat sambungan kaki kuda-kuda dengan balok tarik yang membentuk sudut tertentu (sesuai dengan kemiringan atap yang dikehendaki), misalnya 90 derajat. dan sambungan antara kaki kuda-kuda dengan tiang penggantung.

Untuk membuat kuda-kuda lebih dari satu buah, selesaikanlah satu kuda-kuda lebih dahulu. kemudian, dijadikan master untuk membuat kuda-kuda yang lainnya.

Tinggalkan komentar