Contoh Makalah Transportasi

BAB I
PENDAHULUAN

Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia. Sebagai ibukota negara, Jakarta memegang posisi sangat penting dalam hal politik, ekonomi, dan perdagangan. Dalam menunjang perekonomian tidak terlepas dari aktivitas transportasi sebagai elemen penting yang menghubungkan beberapa aktifitas, baik industri maupun pribadi. Kemacetan di Indonesia khusunya Ibukota DKI Jakarta tidak dapat dihindari, terutama pada titik-titik persimpangan baik di jalan-jalan protokol hingga di jalan lingkungan.

            Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai urat nadi kebutuhan politik ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Sistem jaringan transportasi dapat dilihat dari segi efektivitas, dalam arti selamat, aksesibilitas tinggi dan terpadu.

BAB II
MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui kendala – kendala yang mengakibatkan waktu tempuh melebihi waktu normal perjalanan.

BAB III
STUDI KASUS
a. Lokasi Pemberangkatan
 Jalan Bunga Rampai IV Perumnas Klender
b. Kendaraan yang dipakai
 Angkot
c. Waktu berkendara
 Sabtu, jam 14.00 WIB
 Minggu, jam 09.00 WIB
d. Rute yang di tempuh
e. Aktifitas pengguna jalan
f. Waktu tempuh realisasi

BAB IV
ANALISA
Dari studi kasus yang dilakukan seperti yang diuraikan pada Point III, maka dapat di amati bahwa ada beberapa faktor penyebab dari lamanya waktu tempuh perjalanan dari tempat tinggal ke kampus ITBU sebagai berikut :
a) Moda Transportasi
Seiring dengan meningkatnya taraf hidup hampir sebagian besar warga maka perlahan tapi pasti angkutan umum mulai ditinggalkan dan beralih ke angkutan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Dengan peralihan tersebut maka jumlah kendaraan di jalan raya meningkat drastis, semula satu kendaraan umum bisa membawa 5 orang atau lebih sekarang beralih ke kendaraan pribadi yang hanya mengangkut satu atau dua orang. Pertambahan jumlah kendaraan membuat volume lalu lintas cenderung naik dan macet, sehingga waktu tempuh menjadi lebih lama.

b) Jalan
Sebagaimana kita ketahui bahwa penambahan ruas jalan di DKI Jakarta tidak seimbang dengan pertambahan jumlah kendaraan, sehingga di beberapa ruas jalan baik protokol, arteri maupun lingkungan tidak bisa mewadahi aktifitas lalu – lintas. Hal ini juga diperparah dengan adanya jalan yang rusak dan tidak baik di lalui kendaraan. Akibat dari ruas jalan yang tidak mencukupi ini dan juga kerusakan jalan mengakibatkan lalu lintas tersendat dan terjadi kemacetan dimana-mana. Hal ini juga dalam pengamatan saya merupakan faktor penyebab bertambahnya waktu tempuh perjalanan.

c) Regulasi
Untuk mengatur lalu lintas agar berjalan lancar maka telah di buat satu regulasi baik menyangkut kebijakan maupun ketentuan pelaksanaan langsung di lapangan. Dalam perjalanan dari tempat tinggal ke kampus, khusus terkait hal ini antara lain adanya Traffic Light, pengaturan lintasan rel kereta api, pengalihan jalan dan lain – lain.

d) Perilaku Berkendara
Faktor – faktor tersebut di atas juga ditambah dengan perilaku berkendara yang belum tertib dan sopan dalam berkendara. Kendaraan roda dua dan mobil banyak yang ugal – ugalan atau saling serobot terutama di perlintasan sebidang yang ada Traffic Light. Bahkan untuk kendaraan roda dua lampu merah juga sering di langgar atau berhenti didepan garis pembatas. Perilaku seperti ini menyebabkan kemacetan dan ujungnya menambah waktu tempuh perjalanan.

BAB V
KESIMPULAN
Dari studi kasus dan analisa yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab dari bertambahnya waktu tempuh dari tempat tinggal sampai ke kampus antara lain :
a. Lalu lintas macet yang diakibatkan akumulasi gabungan antara jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan kapasitas jalan.
b. Pengaturan lalu lintas yang masih tumpang – tindih serta adanya ruas jalan yang rusak.
c. Perilaku pengendara yang belum tertib.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s